Selasa, 28 Desember 2010

Mengedit template blogger menggunakan ponsel

Mungkin anda para mobile blogger yang melakukan aktifitas blogging menggunakan ponsel seperti saya berfikir kalau mengedit template menggunakan ponsel itu sulit, sehingga anda harus pergi ke warnet terdekat untuk melakukan edit template. Namun sekarang tidak lagi karena saya akan membagikan tips trik ini kepada anda. Sebenarnya kesulitan dari mengedit template lewat ponsel adalah tidak adanya fitur pencarian karakter dalam ponsel (dalam komputer dapat di akses dengan menekan shortcut CTRL+F), selain itu juga karena adanya keterbatasan karakter yang dapat diinput oleh ponsel. Sehingga para mobile blogger mengalami kesulitan untuk mengedit template menggunakan ponsel. dan berikut adalah Tips Trik tersebut.
1. Download aplikasi Mobyexplorer dan install aplikasi ini ke dalam ponsel anda.
2. Login ke Akun blogger anda dan pergi ke RANCANGAN>Edit HTML.
3. Download template anda kedalam ponsel anda dengan meng-klik "Download Template Lengkap".
4. Setelah ter-download, keluar dari browser opera mini anda dan buka aplikasi Mobyexplorer yang tadi anda install.
5. Lihat dan sorot file template .xml yang tadi anda download dan edit dengan menekan MENU>TEKS EDITOR>OPEN. Maka akan terlihat HTML dari template blog anda. nah, anda dapat mengedit template anda sekarang. jika anda ingin mencari kode/script HTML di dalam HTML template anda, Anda tidak perlu repot-repot memperhatikan setiap karakter sampai ketemu kode diatas, cukup dengan menekan MENU>FIND>FIND, dan masukkan kode/karakter yang akan anda cari tadi, maka kode/karakter yang akan anda cari pun akan terblok dan anda dapat melihatnya (dalam komputer fungsi ini diakses dengan menekan CTRL+F).
6. Untuk mulai mengedit tekan MENU>EDIT maka akan tampil HTML template anda yang bisa anda edit (kode/script HTML template blog anda yang ditampilkan hanya yang ada pada layar ponsel untuk menghemat ruang karakter). klik ok.
7. Jika anda sudah selesai mengedit dan anda merasa bahwa anda sudah benar dalam mengedit html/ template, maka simpan template anda dengan menekan MENU>SAVE AS. (ingat!!! Bukan save, tapi save as).
8. Keluar dari mobyexplorer dan Buka kembali aplikasi opera mini lalu pergi ke blogger.com.
9. Loginlah dengan akun blogger anda dan menuju ke RANCANGAN>Edit HTML.
10. Upload file .xml yang tadi anda edit menggunakan aplikasi Mobyexplorer ke dalam template anda. Setelah selesai di upload Maka secara otomatis template anda akan tersimpan.
11. Lihat hasil editan template anda tadi. bagaimana? Anda tidak perlu ke warnet lagi bukan?


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar