Senin, 27 Desember 2010

Membuat internet download manager tanpa bantuan aplikasi lain

banyak kendala yang biasanya terjadi di warnet. salah satunya adalah kelambatan dalam mendownload. namun kendala itu telah bisa ditanggulangi dengan software internet download manager yang dapat memaksimalkan bandwidth pada saat mendownload. namun ada kendala baru lagi, yaitu apabila kita berada di warnet yang tidak mempunyai IDM, serta di komputernya dipasang deepfreeze. tidak mungkin bila kita menginstal IDM. apabila kita bisa mengistallnya, itu menghabiskan banyak waktu. solusinya adalah dengan internet download manager portable. yakni membuat idm tadi menjadi portable.

yang perlu dipersiapkan adalah:

1. WinRar (udah di install tentunya)

setelah itu dipenuhi, mari kita membuat idm portable.

langkahnya:

1. install dahulu internet download manager serta apabila software itu masih trial, harus menjadi full version dengan crack.

2. setelah di install, buka C:\Program Files\Internet Download Manager\

3. nah, untuk memperkecil ukuran aplikasi poetable, hilangkan semua file berekstensi *.txt, *.chm, *.htm, *.log (untuk file "defexclist.txt" jangan dihapus), hapus folder "languages", hapus file uninstall.exe.

4. pilih semua file yang ada (tekan ctrl+a), kemudian klik kanan, dan pilih "add to achrive".

5. centang "create SFX achrive" dan "create solid achrive"

6. pada pojok kiri bawah ada tulisan "compression method", anda pilih "best".

7. pindah ke tab "advanced". dan klik tombol "SFX option".

8. pada tab general. Bagian bawah ada tukisan "run after extaction" anda isi dengan "IDMan.exe" (tanpa kutip dan harus menuruti huruf kapital)

9. pada tab modes, check pada "unpack to temporary folder". dan dibawah terdapat tulisan "silent mode", anda pilih "hide all".

10. tekan OK agar mulai pengkompresan.

11. hasilnya dapat langsung dipakai dengan mendouble klik saja.


sebenernya banyak aplikasi lain seperti mozilla firefox, opera, dll (yang ringan dan menggunakan installation wizard). dapat diportablekan dengan cara seperti tadi. namun untuk aplikasi yang rumit seperti corel, adobe photoshop, microsoft office, dll juga dapat diportablekan dengan cara seperti tadi. namun ada sedikit script agar dapat berjalan. karena pada aplikasi tersebut, tempat menginstall tidak hanya ada di folder "program files" tapi juga merambah hingga folder system. untuk aplikasi yang seperti itu, harus menggunakan aplikasi pelacak seperti systracer. untuk memportablekannya mendatang yaa....

semoga manfaat. jangan lupa komentar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar